Senin, 03 Februari 2014

SMP 2 KUTOWINANGUN GELAR PESTA DEMOKRASI


Sebanyak 780 orang dari warga SMP Negeri 2 Kutowinangun, Rabu (25/9)menggunakan hak pilihnya pada acara pesta demokrasi yang diselenggarakan dalam rangka Pemilihan Ketua OSIS (PILKETOS) SMP Negeri 2 Kutowinangun. 

Para kandidat Ketua OSIS SMP Negeri 2 Kutowinangun Tahun 2013-2014

Kandidat Ketua OSIS sedang Kampanye

Kandidat Ketua OSIS sedang Kampanye

Kandidat Ketua OSIS sedang Kampanye
 Kegiatan Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos) di SMP  2 Kutowinangun tersebut berlangsung seperti layaknya pesta demokrasi pada pemilihan kepala desa, pemilihan anggota legislatif atau pemilihan presiden saja. Urusan Kesiswaan SMP 2 Kutowinangun, Purwanto, S.Pd dan Dra ME Sri Mawarsih, selaku pemrakarsa dan pendamping siswa pada kegiataan tersebut mengatakan kalau model pilketos seperti di SMP 2 Kutowinangun itu sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun. Hanya saja untuk pilketos kali ini memang lebih semarak dan sangat terasa suasana pesta demokrasinya. Seluruh warga sekolah sekitar 813 orang, baik dari siswa, guru maupun staf TU semua memiliki hak pilih. Warga sekolah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara antusias dan tertib. Pada kesempatan tersebut Purwanto berharap Pelaksanaan pemilihan ketua OSIS tersebut dapat menjadi wahana pembelajaran demokrasi, disamping juga menjadi media pendidikan karakter, yaitu menumbuhkan kejujuran bagi para siswa. Siswa dapat menentukan pilihan sesuai kata hati nuraninya, bukan karena imbalan tertentu (money politic).




Memberikan Hak Suara di Bilik pemilihan

Beberapa siswa secara tertib memberikan suara pada pelilihan Ketua Osis SMP Negeri 2 Kutowinangun. Para Petugas Pemungutan suara menggunakan seragam khusus pakaian putih dan bawahan hitam dengan memakai dasi.
 Para petugas pelaksana pemilihan, baik KPPS, para saksi dan penunggu tempat tinta semua berseragam khusus,  kemeja putih, celana atau rok berwarna hitam dan berdasi hitam, lengkap dengan cokart tanda pengenal. Sehingga penampilan mereka cukup menarik dan semakin meyakinkan.
Kandidat ketua OSIS sejumlah 3 orang, yang pemilihan awalnya dilakukan oleh Pengurus OSIS dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) sepuluh hari sebelum pelaksanaan pesta demokrasi. Kemudian, pada Jum’at (20/9) dilanjutkan dengan kampanye perkenalan untuk penyampaian visi dan misi dari para kandidat. Para kandidat merupakan siswa-siswa yang berprestasi baik dibidang akademis maupun non akademis. Mereka adalah Ngaisah Muntifah kelas VIII A, dia rangking 1 saat kenaikan ke kelas VIII, Fikri Doni Siswanto Kelas VIII A, rangking 3 saat kenaikan ke kelas VIII juga Juara I Mading Tingkat Kabupatan. Berikutnya Mahfud Syafi’I kelas VII A yang rangking 1 saat masuk ke kelas VII.
Drs Slamet Sugiharto, mewakili kepala sekolah dalam sambutan pembukaan pesta demokrasi sekolah tersebut menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya pada semua petugas pelaksana kegiatan dan berharap agar kegiatan pemilihan ketua OSIS tersebut dapat menjadi media pembelajaran politik bagi para siswa.
Sat Siswonirmolo, S.Pd. M.Pd selaku Urusan Kurikulum juga turut mendukung kegiatan tersebut, menurutnya pelaksanaan pilketos di SMP 2 Kutowinangun tidak menggangu kegiatan belajar mengajar di sekolah “Kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung seperti biasa, Siswa menggunakan hak pilihnya secara bergantian, bergilir tiap kelas secara tertib, setelah itu kembali ke kelas untuk melanjutkan kegiatan belajar” kata Sat Siswonirmolo.
Dari hasil perhitungan perolehan suara pada akhir kegiatan pemilihan ketua OSIS tersebut, Ngaisah Muntifah dari kelas VIII A unggul dengan 455 suara, disusul Fikri Doni Siswanto VIII A, dengan 239 suara dan terakhir Mahfud Syafi’I VII A dengan 79 suara. Dari jumlah 780 suara yang masuk terdapat 7 kartu suara yang dinyatakan rusak. Selanjutnya untuk kandidat yang unggul nantinya akan dilantik menjadi ketua OSIS SMP 2 Kutowinangun periode 2013-2014.
Memasukkan Kartu Suara
Memasukkan Kartu Suara

Mengambil Kartu Suara

Seperti Petugas KPPS  beneran
Proses Perhitungan Suara
 
Antri mengambil Kartu Suara

Memasukkan Kartu Suara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar